Mengenal Beberapa Penyair Indonesia Yang Terkenal

Akhir-akhir ini sering kita mendengar mengenai beberapa perlombaan yang berkaitan dengan salah satu karya sastra yang disebut puisi. Tidak hanya itu, puisi juga menjadi sebuah perkataan yang biasa kita dengar. Misal di kalangan anak muda seperti puisi cinta romantis yang diperuntukkan untuk seorang yang kita kasihi, karena tiap baitnya yang dapat mewakili perasaan kita kepada sang kekasih ataupun orang yang kita sayangi lainnya.

Puisi sudah banyak dikenal oleh beberapa lapisan masyarakat. Sejak jaman dulu kita sudah memiliki beberapa penyair terbaik di Indonesia. Mereka adalah beberapa orang yang suka mengkritisi pemerintahan yang ada di Indonesia saat itu. Baik perasaan kekecewaan ataupun perlawanan terhadap pemerintahan saat itu.

Beberapa Penyair Indonesia Yang Terkenal Dan Wajib Diketahui

  • Chairil Anwar

Siapa yang tidak mengetahui sang penyair ini. Dia sangat terkenal dengan puisi-puisinya salah satu judul puisi yang terkenal hingga sekarang adalah puisi yang berjudul “Aku”. Kebanyakan puisi yang dibuatnya masih terkenal sampai saat ini. Puisi yang dibuatnya biasanya berisi mengenai puisi sindiran, puisi cinta romantis dan berbagai jenis puisi lainnya. Dia meninggal di usia 26 tahun. Di usianya yang begitu singkat ia menjadi salah seorang yang banyak menyumbang ide-idenya khususnya di bidang sastra.

  • Sapardi Djoko Darmono

Ia merupakan salah satu dosen sastra terkenal yang pernah mengajar di Universitas Indonesia. Karya-karyanya banyak diminati di kalangan anak muda. Puisi yang diangkatnya kebanyakan bertemakan percintaan. Dalam tiap barisnya beliau menggunakan kata-kata yang sederhana namun penuh dengan makna. Selain itu banyak karya tulisnya yang dijadikan sebagai novel dan dijadikan sebuah film.

  • Gunawan Muhammad

Penyair ini sering disebut dengan nama GM. Beliau adalah pendiri komisaris Tempo yang berpikiran liberal. Banyak karyanya yang disukai oleh banyak pencinta sastra. Analogi yang digunakannya dalam membuat puisi membuat karyanya semakin banyak disukai.

Sekian mengenai beberapa penyair Indonesia yang terkenal baik dalam karyanya yang berisi mengenai kehidupan, politik, percintaan dan lain sebagainya. Untuk selanjutnya mengenai contoh puisinya bisa klik di Santaidamai.com.