Menjaga Kesehatan Mata

Sebagai indra penglihatan, mata memang menjadi salah satu organ yang harus dijaga dengan baik. Beberapa keluhan ringan sehari-hari kerap dijumpai jika seseorang lalai menjaga kesehatan mata. Hal paling sederhananya ditandai dengan mata lelah yang merah atau gatal. Kondisi mata yang kering ini sebetulnya merupakan tanda yang diberikan tubuh untuk kita segera mengistirahatkan organ ini. Tak ayak selama kita beraktivitas, mata harus berakomodasi dan menyebabkan kelelahan otot yang jika dibiarkan tentu dapat menimbulkan keluhan lebih. Untuk itu, tidak memaksakan aktivitas berat semacam bermain games terlalu lama atau terus-terusan bermain ponsel jelas merupakan hal penting yang banyak dilanggar saat ini.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mengingat kerja mata memang cukup berat, sebaiknya tidak memaksa mata bekerja terlalu keras tentu menjadi keharusan. Di sela-sela melakukan aktivitas, diam sejenak sambil memejamkan mata setidaknya mampu membuat mata menjadi lebih rileks. Tak hanya itu, tidak mengucek mata terlalu keras walau terasa gatal juga berguna untuk mencegah mata luka dan lecet. Bila perlu, meneteskan tetes mata ke mata juga lebih baik jika mata mulai terasa kering, gatal, dan pedih. Pun juga mengatur waktu istirahat setidaknya delapan jam sehari agar mata benar-benar rileks. Kurang tidur sangat identik dengan mata bengkak dan sembap. Untuk itu, menjaga pola istirahat dengan baik sudah tentu menjadi kewajiban setiap orang.

Selain itu, hal lain yang bisa membantu menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi banyak air putih yang bisa merehidrasi sel dan juga mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel dan beberapa bahan alami lainnya. dibandingkan dengan mengonsumsi makanan yang kurang sehat, makan buah dan sayur ini tentu jauh lebih disarankan. Hal penting lain yang bisa dihindari adalah dengan tidak terlalu lama berada di wilayah panas atau menatap matahari langsung. Sinar matahari yang intens dan tinggi bisa membuat bola mata menjadi sangat lelah. Lebih memilih tempat redup dan sejuk namun jika akan membaca lebih dilakukan di tempat terang jelas merupakan hal yang diperhatikan demi mata yang sehat.