Meredakan Gusi Bengkak Agar Tidak Kembali Kambuh

Pernahkah Anda mengalami sakit di bagian gusi? Kami yakin dari sekian banyaknya pembaca di sini pasti sudah pernah mengalami sakit di bagian gusi. Pasalnya gusi memang sangat sensitif, sehingga sering mengalami bengkak. Jika sudah membengkak, tentu Anda tidak boleh membiarkannya saja. Pasalnya gusi bengkak sangat mengganggu. Selain nyeri, terkadang ada darah juga yang keluar. Sehingga aktivitas makan sampai berbicara pun menjadi tidak leluasa. Penyebab dari bengkaknya gusi itu ada beberapa macam. Berikut informasi terkait penyebab dan bagaimana caranya meredakan gusi yang bengkak.

Penyebab dan Cara Meredakan Gusi Bengkak

Penyebab yang pertama itu karena adanya kesalahan dalam menggosok gigi. Setiap hari gigi harus digosok demi menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut. Namun masih banyak orang yang salah dalam melakukannya, dan pada akhirnya menyebabkan gusi bengkak. Penyebab yang kedua, karena kekurangan vitamin. Ketika tubuh kekurangan vitamin B dan vitamin C, maka jaringan ikat yang terdapat pada gusi jadi bermasalah. Sehingga ketika digosok sedikit, gusi akan langsung berdarah dan akhirnya membengkak. Penyebab ketiga, karena adanya infeksi. Perlu diketahui, rongga mulut itu menyimpan begitu banyak bakteri karena setiap makanan yang Anda kunyah setiap harinya.

Sehingga jika tak dijaga kebersihannya, dapat menyebabkan infeksi dan pembengkakan gusi. Penyebab keempat, karena kebiasaan buruk seperti merokok. Jika Anda selalu merokok setiap hari, maka gusi bengkak akan lebih mudah dialami. Bahkan tidak jarang juga gusi mengalami luka dan akhirnya mengganggu proses makan. Untuk itu cobalah untuk berhenti merokok demi menjaga kesehatan tubuh diri sendiri. Nah untuk meredakan gusi yang sudah terlanjur bengkak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, mengompres gusi dengan air es. Kedua, mengompres gusi dengan air hangat. Ketiga, berkumur dengan air larutan garam. Keempat, dengan mengonsumsi obat-obatan untuk mengurangi rasa nyeri. Bahkan jika Anda sudah tidak tahan karena rasa nyerinya itu, kunjungi dokter untuk melakukan perawatan. Sehingga Anda tidak akan terlalu lama menahan rasa sakit tersebut.