Miskonsepsi Kopi untuk Kesehatan

Kopi merupakan salah satu sumber antioksidan alami serta zat bermanfaat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Maka dari itu, kopi, baik itu jenis Arabika maupun Robusta, memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan kita. Tidaklah benar sama sekali bahwa mengkonsumsi kopi tidak baik untuk kesehatan kita. Kopi tidak akan kehilangan manfaatnya selama diproses dengan cara yang benar. Ada banyak sekali penelitian mengenai kopi. Beberapa di antaranya telah membuktikan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi dalam jumlah tertentu (tidak terlalu banyak) cenderung lebih kebal terhadap beberapa penyakit ketimbang orang lain yang tidak mengonsumsi kopi. Lalu, penyakit apa saja yang bisa dicegah oleh para peminum kopi? Berikut ini ulasannya.

Ternyata Kopi Bisa Mencegah Penyakit-Penyakit Mengerikan Lho

Beberapa penelitian membuktikan bahwa asumsi yang mengatakan kopi dapat meningkatkan risiko penyakit liver adalah salah. Malah sebaliknya, penelitian tersebut menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kopi secara teratur berisiko lebih kecil untuk menderita penyakit liver. Beberapa penelitian lainnya juga mengklaim bahwa konsumen kopi memiliki peluang lebih kecil menderita stroke sekitar 20 persen. Selain itu, kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat menurunkan risiko Parkinson, yaitu penyakit sistem saraf yang menyebabkan otot menjadi kaku dan tubuh menjadi gemetar, dan berangsur-angsur semakin memburuk saat orang tersebut bertambah tua. Salah satu pengidap Parkinson yang paling terkenal adalah Muhammad Ali, mantan petinju profesional. Sampai saat ini, obat Parkinson belum ditemukan, jadi pencegahannya sangatlah penting. Studi tersebut menunjukkan bahwa kafein dapat menurunkan risiko Parkinson sekitar 32 sampai 60 persen

Kopi juga bisa mencegah penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah semacam gangguan neurologis yang menurunkan kemampuan sistem saraf seseorang dimana penyakit ini mengakibatkan hilangnya memori, ucapan, gerakan, dan kemampuan berfikir secara bertahap. Penyakit ini adalah penyebab umum demensia. Demensia sendiri adalah kondisi medis yang menyebabkan memori dan kemampuan mental lainnya berangsur-angsur memburuk, dan menyebabkan linglung. Kedua penyakit tersebut umumnya menyerang orang lanjut usia. Sayangnya, pengobatan Alzheimer belum ditemukan. Namun, salah satu hal yang bisa mencegah penyakit ini adalah mengonsumsi kopi. Berdasarkan beberapa penelitian, mengkonsumsi kopi dapat menurunkan risiko Alzheimer hingga 65 persen.