Motif Batik Solo Memiliki Arti

Solo adalah salah satu kota besar di Indonesia yang masih sangat lekat dengan budaya Jawa. Hampir sama dengan kota Yogyakarta, Solo juga menjadi destinasi wisatawan lokal dan mancanegara karena adat dan budayanya. Berbeda dengan Yogyakarta yang khas dengan gudegnya, Solo lebih dikenal dengan batiknya. Batik Solo adalah salah satu batik Indonesia yang sangat terkenal dan memiliki pangsa pasar yang tinggi. Saya yakin Anda tentunya juga sudah sangat familiar dengan batik khas daerah Solo ini. Karena batik ini sudah terkenal sejak puluhan tahun yang lalu dan merupakan peninggalan para raja-raja keraton.

Motif Batik Untuk Acara Resmi

Batik Solo memiliki banyak motif dan corak. Lain motif dan corak juga lain arti dan makna. Beberapa motif batik yang berkembang di kota Solo adalah batik motif parang, batik motif kawung, batik motif sawat, batik motif sidomukti, batik motif truntum, batik motif satrio manah, batik motif semen rante, batik motif pamiluto, dan batik motif slubung. Dari sekian motif batik ini, batik sidomukti adalah salah satu motif yang paling banyak digunakan dan paling populer dibanding dengan motif lainnya. Bagi masyarakat Solo, batik motif ini biasanya digunakan untuk pakaian adat pengantin Jawa. Untuk acara lamaran atau tukar cincin, pihak mempelai wanita biasanya menggunakan motif pamiluto. Motif-motif batik yang lain tentunya juga memiliki khas tersendiri dimana harus digunakan. Jangan sampai Anda menggunakan motif yang seharusnya digunakan untuk acara resmi justru digunakan untuk pergi melayat.

Beli Batik Khas Solo

Bagi Anda yang ingin menemukan batik khas Solo tetapi tidak sempat pergi ke Solo, Anda tidak perlu khawatir. Batik-batik dari Solo ini juga dijual hampir di seluruh kota di Indonesia. Banyak sekali pengusaha yang menjual batik ini di kota mereka masing-masing. Anda hanya perlu mencari toko batik Solo yang ada di daerah Anda. Anda juga bisa mencari batik ini secara online. Sudah banyak situs-situs penjualan online yang menjual batik ini dan juga batik-batis jenis yang lainnya. Anda tinggal duduk manis dan menunggu pesanan datang.