Mudah Sekali Terserang Penyakit? Kenali Penyebab-Penyebabnya

Ketika Anda menjalani suatu aktivitas seperti biasanya, terkadang ada momen yang membuat Anda menghentikan semua aktivitas dan beristirahat seharian penuh dikamar. Tak sedikit orang yang suka bekerja, lama-kelamaan fisik mereka melemah dan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Mengapa Mudah Terserang Penyakit?

Tak sedikit para pekerja yang mengeluhkan tubuhnya tidak sekuat dulu, bahkan sekarang-sekarang ini mudah terserang penyakit yang ringan. Untuk masalah yang satu ini, faktor usia merupakan salah satu alasan mengapa Anda mudah cepat lelah dan tidak sekuat dulu.

Namun, untuk masalah Anda yang mudah sekali terserang penyakit, hal ini disebabkan karena sistem imun tubuh Anda sedang melemah. Tentunya, sistem imun tubuh melemah dikarenakan oleh banyak hal.

Seperti yang kita ketahui, apabila sistem imun kita dalam kondisi yang normal, maka di cuaca seperti apa pun kita dapat melewatinya dengan mudah. Namun, jika sistem imun sudah mulai melemah, maka pertahanan diri kita terhadap penyakit ringan-pun akan ikut melemah. Itulah mengapa tubuh kita lebih sering terserang penyakit ringan.

Penyebab Imun Tubuh Melemah

Untuk itu, Anda perlu tahu terlebih dahulu mengenai penyebab-penyebab yang memicu sistem imun dalam tubuh Anda melemah. Dengan begitu, Anda bisa mencari solusi yang tepat untuk masalah sistem imunitas.

Penyebab terjadinya sistem imun dalam tubuh melemah, yaitu:

  • Pola makan yang buruk. Biasanya, para pekerja tidak terlalu memperhatikan asupan gizi yang mereka makan. Lebih sering mengonsumsi makanan siap saji daripada sayuran sehat.
  • Stres mulai dari stres ringan hingga yang berat dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh menurun, dan sebagainya.
  • Waktu tidur yang buruk. Setiap umur memiliki jam tidur yang berbeda-beda.
  • Tidak sering mencuci dan menjaga kebersihan tangan dari kuman-kuman yang menempel.
  • Jarang sikat gigi untuk membersihkan bakteri berbahaya dan tidak menjaga kesehatan mulut.
  • Kurang minum air mineral sesuai dengan anjuran yang berlaku
  • Gangguan terhadap sistem imun tubuh
  • Alergi

Setelah mengetahui penyebab-penyebabnya, Anda harus mencari tahu bagaimana caranya untuk mengatasi semua penyebab-penyebab tersebut. Jadi, Anda bisa menjalankan aktivitas sehari-hari seperti sedia kala dengan menjaga pola hidup sehat yang baik dan teratur.