Musik Sebagai Hobby Dan Peluang Usaha

Musik merupakan kebutuhan bagi beberapa orang, musik dirasa sebagai teman aktivitas sehari-hari. Banyak jenis musik yang dapat kita nikmati, tergantung dari selara terhadap genre musik. Ada pula masyarakat yang mengidolakan musisi-musisi kondang atau terkenal. Diantara berbagai lapisan masyarakat, ada beberapa yang menyukai musik sebagai hobi yaitu dengan memainkan alat musik. Hobi bermusik bisa dimunculkan dengan mendirikan grup band. Band terdiri dari berbagai personil yang memainkan berbagai macam instrumen musik. Instrumen musik antara lain ada sepasang drum kit, gitar, bass, mic untuk vokal, keyboard, dan instrumen solo seperti saxophone, biola, flute, dan cello.

Penyewaan Studio Musik Sebagai Tempat Latihan Band

Untuk latihan sebuah band tentunya membutuhkan tempat tertentu yang tidak mengganggu orang-orang sekitar. Tempat tersebut dinamakan studio musik, tempat ini khusus dibuat untuk keperluan latihan musik. Studio musik mempunyai interior tembok yang tahan akan suara, jadi suara yang dihasilkan dari dalam ruangan hampir tidak terdengar keluar ruangan. Di dalam ruangan studio musik tentunya ada beberapa instrumen biasanya terdiri hanya satu keyboard, dua gitar, satu bass, dua atau tiga mic, dan drum lengkap.

Studio musik bisa menjadi salah satu peluang usaha. Prospek usaha studio musik akan makin berkembang, karena semakin banyaknya anak muda yang mempunyai hobi bermusik. Untuk memulai bisnis studio musik, kita perlu tempat untuk studio musik tersebut. Jika di dalam rumah kita terdapat ruangan yang cukup luas dan tidak dipakai, kita bisa mengubahnya menjadi studio musik. Kita hanya perlu melapisi tembok ruangan bagian dalam ruangan dengan bahan anti suara. Persiapkan instrumen-instrumen musik seperti bass, gitar, keyboard, drum dan mic. Selalu pelihara dan jaga kebersihan alat musik, sebaiknya setelah dipakai beberapa band, alat musik harus dilap sampai bersih dari debu-debu. Untuk senar gitar dan bass, kita harus selalu mengecek karat. Senar yang berusia lama tentunya akan berkarat. Karat pada senar harus dilap agar karatnya hilang. Persiapkanlah cadangan senar gitar dan stick drum, untuk antisipasi jika senar gitar putus dan stick drum patah.