Panduan Merawat Bayi Yang Baru Dilahirkan

Merawat bayi adalah pekerjaan penting berikutnya setelah Anda mengandung selama sembilan bulan. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang panduan bayi yang baru dilahirkan. Jika kita merawat bayi dengan baik maka sang buah hati nantinya tumbuh sehat jasmani serta rohani, terbebas dari ancaman beragam penyakit yang menyerang.

Panduan Yang Benar Dan Tepat Untuk Perawatan Bayi Yang Baru Lahir

Langsung saja kita mulai pembahasan mengenai panduan merawat bayi yang baru dilahirkan berikut ini:

  • Menjaga perasaan Anda

Ini sangat penting, sebab bayi Anda dapat mengenali perasaan. Oleh sebab itu jagalah mood Anda, jangan lupa berdoa untuk dimudahkan melalui hari serta memohon kebahagiaan di setiap saat bersama keluarga.

  • Merawat tali pusat bayi

Merupakan area yang mudah terinfeksi dan sangat sensitif, oleh karena itu harap bagian ini dirawat baik-baik. Umumnya tali pusat bayi terputus dalam waktu satu hingga dua minggu setelah kelahiran. Namun bisa saja lebih cepat dari waktu tersebut.

  • Merawat mata bayi

Air mata sangatlah penting sebab dapat mengatasi kuman. Saluran air mata bayi yang baru lahir belum aktif atau masih tertutup. Untuk panduan bayi yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan mata bayi dan merangsang produksi air mata dengan pemijatan kecil menggunakan jari.

  • Merawat kulit bayi

Ini bertujuan untuk menjaga kehalusan kulit bayi, tetap lembab, dan mengatasi biang keringat. Anda bisa memandikan bayi setidaknya sekali sehari dengan waslap basah yang telah diberi sabun bayi. Lalu gunakan baby oil dengan kandungan vitamin E dan bedak dengan kandungan pro-vitamin B5.

  • Merawat rambut bayi

Pilihlah shampoo yang mengandung pro-vitamin B5 dan lotion yang memiliki kandungan serupa berikut vitamin E, maka rambut bayi nantinya sehat dan kulit kepalanya lembut.

  • Merawat mulut dan hidung bayi

Untuk merawat mulut sebenarnya tak terlalu sulit, Anda cukup menjaga kebersihannya. Sementara untuk merawat hidung cukup membersihkan kotoran yang keluar dari rongga hidung.

Itu tadi beberapa cara dalam merawat bayi yang baru lahir yang perlu untuk Anda cermati, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk terus mengikuti update baru dari kami mengenai artikel panduan bayi yang lainnya.