Pantangan Jenis Makanan untuk Ibu Hamil

Ibu hamil harus menjaga kesehatan dirinya dan janinnya dengan baik. Untuk menjaga kesehatan janin yang ada dalam kandungan, Bunda harus tahu mengenai jenis-jenis makanan yang tak boleh dimakan saat hamil.

6 Jenis Makanan yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil, yaitu:

  • Daging mentah

Apabila Bunda suka mengonsumsi daging mentah sebelumnya, Bunda tidak boleh membiasakan makan daging mentah apabila Bunda sedang mengandung. Daging mentah memiliki virus dan bakteri yang masih belum hilang. Virus dan bakteri tersebut akan memiliki dampak yang buruk terhadap janin.

Selain dilarang memakannya mentah-mentah, Bunda juga tidak boleh memasak daging yang masih setengah matang. Jadi, Bunda harus pastikan bahwa daging yang dimasak sudah benar-benar matang.

  • Telur mentah

Salah satu bakteri yang terkandung dalam telur mentah atau setengah matang yaitu bakteri salmonella. Bunda perlu menghindari telur setengah matang atau makanan yang mengandung telur mentah yang tidak melalui proses pematangan terlebih dahulu.

  • Sayur mentah

Selain telur dan daging, Bunda juga tidak boleh mengonsumsi sayuran secara mentah. Memang, ada beberapa jenis sayuran yang diperbolehkan untuk dimakan secara mentah, tapi Bunda tidak boleh langsung mengonsumsinya. Lebih baik Bunda memasaknya terlebih dahulu hingga matang.

  • Ikan yang mengandung banyak merkuri

Bagi Bunda yang suka mengonsumsi ikan-ikan besar seperti ikan tuna, salmon, dan sejenisnya, Bunda harus berhati-hati untuk mengonsumsinya. Kandungan merkuri yang terdapat dalam ikan-ikan besar tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi selama kehamilan.

  • Hati

Hindari konsumsi hati saat sedang hamil, kandungan vitamin A yang terdapat pada organ hati ini dapat mengganggu kesehatan janin.

  • Produk susu tanpa proses pasteurisasi

Produk susu segar sangatlah tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat memicu keracunan makanan. Selain itu, bakteri listeria akan menyebabkan infeksi pada janin.

Itulah jenis-jenis makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil. Dengan tidak mengonsumsi makanan-makanan tersebut dan memilih makanan sehat lainnya, janin Bunda akan lebih sehat seperti yang Bunda inginkan.