Penting Bijak Memilih Mainan Untuk Anak

Anak merupakan suatu anugerah yang dititipkan oleh Sang Pencipta, dimana sebagai orang tua perlu menjaga dan merawatnya dengan baik. Tentu karena sebagai titipan atau anugerah ini maka harus dijaga lebih hati-hati baik dari segi perawatannya maupun dari inputan yang diberikan layaknya makanan, alat-alat permainan dan juga kebutuhan lain. Sebagai hal yang menarik biasanya anak-anak memilih suatu mainan untuk dijadikan miliknya dan dia dapat memainkannya. Anda tidak rela bukan sebagai orang tua bila merebut kebahagiaan sang anak yang sedang menyukai sesuatu?

Beberapa Hal Penting Memilih Mainan Untuk Anak

Kebahagiaan anak terutama anak kecil biasanya dengan memiliki suatu alat permainan yang diinginkannya. Namun tanpa diberikan oleh orang tua juga tidak akan mengenal apa itu mainan yang ada di hadapannya. Sehingga penting bagi Anda sekalian sebagai orang tua untuk mengawali pemberian alat-alat permainan sebelum jatuh pada tangan sang anak. Berikut adalah hal-hal penting dalam memilih alat permainan untuk anak.

  1. Tekstur yang lembut atau lunak

Anak-anak merupakan insan yang masih cukup sensitif khususnya badan, karena belum memiliki struktur yang begitu kuat. Oleh karena itu bila orang tua mau membelikan alat permainan maka coba perhatikan dari tekstur mainan yang akan Anda beli. Belilah yang lembut dan halus jangan yang kasar atau bahkan bersudut lancip. Dikhawatirkan ini akan mendatangkan bahaya bagi sang anak.

  1. Berwarna

Hal lain yang penting adalah warna. Warna dalam alat permainan akan merangsang otak juga daya ingat serta pelajaran akan adanya perbedaan yang satu dengan yang lainnya. Dengan ini maka akan membantu anak mengingat dan memilih suatu hal yang menurutnya indah.

  1. Mempunyai Nilai guna

Hal yang terakhir ini kadang berat, karena tidak semua permainan anak-anak yang diperdagangkan mempunyai nilai guna. Namun sebisa mungkin Anda sebagai orang tua mengusahakan mendapatkan alat permainan anak yang bernilai guna seperti teether, puzzle, dan lain sebagainya.

3 point di atas ialah point-point cara memilih mainan yang bijak itu harus benar-benar diperhatikan secara bijak. Dengan setidaknya Anda melakukan langkah diatas maka Anda cukup bijak untuk memberikan kepuasan terhadap anak namun juga tidak merugikan bahkan membawa manfaat yang besar.