Pertimbangan Sebelum Membuat Baju Seragam Kerja

Seragam kerja merupakan hal yang wajib dimiliki sebuah perusahaan. Seragam kerja melambangkan identitas kantor yang membedakan dengan perusahaan lain. Layaknya seragam sekolah, seragam kerja juga memiliki atribut. Atribut seragam kerja juga berbeda-beda antara perusahaan satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, untuk perusahaan kue atribut seragamnya meliputi baju, celemek dan topi. Hal ini akan berbeda dengan perusahaan otomotif yang mengenakan baju seragam kerja lengkap dengan celana panjang. Karena seragam kerja akan disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang akan dihadapi.

Tips Membuat Seragam Kerja

Setiap perusahaan pasti akan membuat baju seragam kerja dengan desain, jenis bahan dan warna yang sama untuk seluruh karyawannya. Perusahaan sebaiknya jangan sembarangan memilih baju seragam karena baju ini akan melambangkan identitas kantor. Oleh sebab itu, dalam memilih baju seragam, hendaknya perusahaan menggunakan tips-tips berikut:

  1. Bahan kain

Memilih bahan kain yang tepat adalah hal terpenting untuk kualitas seragam kerja. Jenis kain yang sering digunakan untuk membuat baju seragam kantor adalah bahan Japan drill yang memiliki serat besar, American drill yang memiliki serat sedang, atau Twill drill yang memiliki serat kecil.

  1. Warna

Warna baju seragam kerja akan mempengaruhi kenyamanan ketika bekerja. Warna gelap akan cenderung membuat rasa gerah badan. Oleh karena itu, pemilihan warna perlu dipertimbangkan untuk pekerjaan di dalam atau luar ruangan.

  1. Model

Model baju akan mempengaruhi penampilan para pekerja. Selain itu model baju juga menciri khaskan suatu perusahaan. Model yang bagus akan meningkatkan rasa bangga karyawan terhadap perusahaan.

  1. Ukuran

Jumlah karyawan yang sangat banyak tentunya akan menyulitkan jika seluruh karyawan dipesankan baju sesuai ukurannya masing-masing. Oleh karena itu, Anda perlu memahami untuk rata-rata ukuran baju para karyawan. Dengan kata lain, memilih ukuran baju yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

  1. Biaya

Untuk membuat ratusan seragam, perusahaan tentunya mengeluarkan biaya yang besar. Oleh karena itu Anda harus menentukan konveksi yang terpercaya dengan harga yang cukup miring namun kualitas bisa dipertanggungjawabkan.