Pilih Nasi Tumpeng Sebagai Pengganti Kue Tart

Merayakan sesuatu seperti ulang tahun, anniversary, ataupun syukuran identik dengan pemberian kue tart. Bahkan sekarang terdapat banyak bentuk dan tulisan yang semakin bermacam-macam. Namun, jika Anda ingin memberikan sesuatu yang spesial untuk orang yang spesial maka cobalah untuk memberikan sesuatu yang berbeda salah satunya adalah tumpeng ulang tahun. Unik kan kedengarannya?

Sajian Tumpeng Ulang Tahun Yang Berbeda Dari Biasanya

Tumpeng biasanya diletakkan diatas nampan yang terbuat dari anyaman bambu atau sering disebut juga ‘tampah’. Tidak ada lauk pauk yang paku dalam hidangan nasi tumpeng, namun yang sering dihidangkan biasanya berupa sayur urap, ikan asin, perkedel, tempe kering, telur dadar, dan masih banyak lagi. Sajian tersebut sangat cocok sekali untuk dimakan beramai-ramai sehingga dapat mengeratkan kebersamaan.

Di zaman modern ini telah banyak inovasi dari nasi tumpeng khususnya bentuknya yang dibuat tidak lagi kerucut. Hal ini sangat cocok untuk Anda yang merasa bosan dan tidak mau terkesan kaku dengan bentuk kerucut saat merayakan momen seperti ulang tahun. Tumpeng ulang tahun dapat dibuat bentuk bervariasi seperti bentuk kue tart pada umumnya, ada yang menyerupai gambar hati, persegi, lingkaran atau yang lainnya.

Dalam memberi lauk pauk dalam nasi tumpeng di masyarakat tradisional, disarankan untuk menggunakan lauk yang terdiri dari hewan darat (sapi, kambing, ayam) , hewan laut (ikan, kerang, cumi-cumi), dan sayur-mayur (toge, kangkung, atau kacang panjang). Sehingga nasi tumpeng di setiap daerah sangat beragam lauk pauknya. Anda juga dapat memberi variasi sendiri lauk pauk yang mungkin lebih Anda sukai sehingga dapat lebih sedap untuk dinikmati.

Nasi tumpeng juga dapat dibuat lebih berwarna-warni seperti menggunakan nasi merah dengan paduan nasi kuning dan nasi putih. Agar nasi yang dibuat menghasilkan tekstur yang pulen disarankan untuk menanak nasi dengan cara tradisional agar rasa yang dihasilkan juga maksimal. Tumpeng ulang tahun juga dapat ditambahkan lilin-lilin kecil atau lilin angka yang dapat membuat suasana pesta semakin lebih ramai dan menarik.