Resep Tradisional Kecantikan Wanita Indonesia

Jika kita melihat dari beberapa zaman ke belakang, tentu saja cara wanita untuk tampil cantik sangatlah beragam. Tentu saja Indonesia juga memiliki warisan leluhur bagaimana wanita bisa tampil cantik alami. Mempercantik diri dengan cara tradisional berdasarkan resep turun-temurun tidak kalah dengan perawatan kecantikan modern. Tentu saja hal ini menjadi sebuah petunjuk bagi para wanita Indonesia yang ingin melestarikan warisan leluhur.

Boreh

Boreh berasal dari Bali dan memiliki kemiripan dengan bedak Jawa. Ramuan kecantikan ini terdiri dari bahan beras hitam, minyak kelapa, cengkeh, pala, lengkuas, jahe, cendana dan serai. Cara mengaplikasikannya sebagai lulur. Oleskan ke seluruh tubuh dan setelah setengah mengering bisa dibilas menggunakan kain basah sampai bersih.

Ramuan ini sangat berkhasiat juga bagi kesehatan, seperti menghilangkan pegal, masuk angin, peredaran darah menjadi lancar dan bersifat untuk menghangatkan tubuh. Jika kamu rutin menggunakan ramuan ini pastinya kulitmu akan semakin merona.

Ratus

Kecantikan alami Ken Dedes tidak lepas dari perawatan dengan teknik ratus ini. Teknik sauna ini sangat bermanfaat bagi perawatan tubuh secara alami. Beberapa bahan campuran herbal yang digunakan sebagai sauna seperti cendana, kenanga, klobot, kemenyan. Di mana semua bahan tersebut dikeringkan dan diuapkan. Teknik ini sangat efektif untuk membuang kotoran di wajah, karena pori-pori terbuka, tidak hanya itu saja aliran darah juga menjadi lancar.

Lulur

Teknik kecantikan ini memang sudah sangat terkenal dan menjadi perawatan tradisional yang banyak digunakan untuk mempercantik tubuh. Lulur Jawa memiliki khasiat untuk menampilkan kulit berseri. Jadi, jika kamu ingin kulitmu cerah alami maka bisa menggunakan teknik lulur ini dengan memanfaatkan bahan alami seperti kunyit, temu giring dan sekal klebet.

Jamu

Jamu merupakan sebuah ramuan tradisional yang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Kebanyakan masyarakat Jawa menggunakan jamu untuk kesehatan dan kecantikan. Dibuat dan diolah secara tradisional dengan memanfaatkan dari bahan-bahan alami dari alam tentunya banyak khasiat jika kamu mengonsumsinya.

Itulah beberapa resep tradisional Indonesia yang sudah turun-temurun dalam peranannya mempercantik wanita Indonesia secara Alami.