Seputar Usaha Ternak Lele

Banyak sekali lulusan kuliahan yang menganggur setelah menyelesaikan pendidikan selama bertahun-tahun. Hal itu dikarenakan lapangan pekerjaan yang tidak cukup banyak untuk menampung lulusan tersebut. Lalu apa yang dapat dilakukan oleh lulusan yang menganggur tersebut? Apakah harus diam saja dan terus-terusan menganggur? Ternak lele dapat dilakukan untuk mengatasi pengangguran tersebut. Dengan modal yang cukup dan ketekunan untuk merawat ikan lele tersebut, maka usaha ternak lele dapat dilakukan dengan baik dan lancar.

 

Cara Memulai Ternak Lele

Berikut ini adalah kiat yang dapat dilakukan untuk memulai usaha ternak lele.

– Memilih lokasi yang strategis

Yang dimaksud strategis di sini bukan yang ramai dan dapat ditemukan dengan mudah oleh orang banyak. Namun yang cocok untuk dijadikan sebagai lokasi ternak lele. Lokasi yang dipilih harus merupakan lokasi yang memiliki tekstur tanah bagus. Sebuah kolam bisa dibuat di tepi sawah agar mendapatkan perairan yang baik.

– Memilih anakan lele

Memilih anakan yang nantinya akan dijadikan sebagai benih lele juga harus jeli, tidak boleh asal begitu saja. Benih yang dipilih harus merupakan benih yang berkualitas dan dapat berkembang dengan baik. Anda dapat membeli benih anakan lele di peternak lain, selajutnya Anda dapat membudidayakan sendiri benih-benih lele Anda.

– Manajemen yang baik

Menejemen yang baik dalam pengolahan ikan lele sangat dibutuhkan. Ikan lele harus rutin diberi makan dan diberi perawatan yang bagus. Meski lele dapat bertahan lama hidup di kolam, namun tetap saja pemilik tidak boleh abai dengan kesejahteraan lele itu sendiri. Selain menejemen sepele tersebut, pengelolaan terhadap sistem kolam juga amat diperlukan.

– Pemasaran

Yang paling sulit setelah lele menjadi besar adalah pemasaran ikan lele itu sendiri. Anda pasti bingung kemana harus memasarkan ikan lele ketika sudah jadi. Anda dapat menawarkan terlebih dahulu ke pasar-pasa atau kepada pengelola rumah makan yang menyajikan lele sebagai hidangannya.

 

Itulah tadi beberapa kiat yang dapat dicoba untuk memulai usaha ternak lele. Usaha ini cukup menjanjikan dari segi finansial.