Tahukah Anda, Medali Wisuda Terbuat Dari Apa?

Selain toga, medali wisuda juga menjadi salah satu barang yang tidak boleh dilupakan pada acara wisuda. Dapat dikatakan bahwa medali merupakan aksesoris pelengkap dari toga yang Anda gunakan. Tahukah Anda jenis bahan yang digunakan untuk membuat medali untuk wisuda yang akan Anda gunakan? Tak perlu khawatir, berikut adalah informasi singkat tentang bahan-bahan medali yang biasa digunakan sebagai medali untuk wisuda.

Material Yang Digunakan Untuk Medali Wisuda

Sebenarnya, medali dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Ada medali untuk kejuaraan atau perlombaan dan medali wisuda. Untuk medali kejuaraan biasanya terbuat dari bahan emas, perak atau perunggu asli. Tak heran jika harganya lebih tinggi dibandingkan dengan bahan medali lainnya.

Sedangkan medali untuk wisuda biasanya memiliki bahan yang lebih ringan. Selain harganya yang lebih terjangkau, berbagai jenis bahan berikut juga memiliki sifat yang lebih mudah dibentuk. Berikut adalah beberapa jenis bahan untuk medali yang digunakan dalam acara wisuda:

  • Medali dari Kuningan

Jenis bahan yang paling banyak dipilih adalah kuningan. Jenis bahan ini sekilas memiliki rupa yang hampir sama dengan medali emas. Tak heran jika jenis bahan ini memang menjadi favorit. Dengan bahan yang lebih ringan namun tetap memancarkan keeleganannya dengan warna emas menyala, biasanya medali kuningan digunakan sebagai medali di beberapa wisuda universitas.

  • Medali dari Stainless

Untuk yang menyerupai medali perak, Anda bisa memilih yang terbuat dari stainless. Tidak jauh berbeda dengan medali kuningan, medali stainless ini lebih ringan dan lebih terjangkau harganya. Beberapa sekolah juga sudah menggunakan medali jenis ini untuk wisuda.

  • Medali dari Akrilik

Untuk medali dengan pilihan warna yang lebih beragam, jenis bahan akrilik juga menjadi pilihan. Di beberapa sekolah, medali akrilik menjadi pilihan terbanyak karena dapat menggunakan berbagai jenis warna tanpa batas. Selain itu, sifat dari akrilik yang mudah dibentuk juga menjadi salah satu keuntungan untuk medali wisuda. Bahannya yang tak kalah ringan ini juga menjadi pertimbangan untuk beberapa sekolah TK untuk menggunakan medali jenis ini.