Tips Mengatasi Rasa Sakit Akibat Tumbuhnya Gigi Bungsu

Gigi orang dewasa dapat sebanyak 32 gigi. Pada usia 17 hingga 25 tahun, gigi bungsulah yang mengisi kekosongan di ruang gigi. Gigi bungsu sendiri disebut sebagai gigi bungsu karena terbentuk paling terakhir dan mencuat ke atas gusi. Pertumbuhan gigi bungsu ini umum dialami oleh banyak orang. Pertumbuhannya terasa menyakitkan. Namun pada beberapa orang mungkin dapat sangat beruntung karena tidak mengalaminya.

Meredakan Rasa Sakit Akibat Tumbuhnya Gigi Bungsu

Munculnya gigi bungsu dapat menimbulkan hal yang cukup menyakitkan. Biasanya dokter akan menyarankan untuk mencabut gigi bungsu yang menyebabkan rasa sakit. Karena dikhawatirkan rasa sakit akibat gigi bungsu dapat menyebabkan masalah yang lebih besar. Pada proses pencabutan tersebut, biasanya dokter memotong gigi dengan potongan-potongan yang lebih kecil. Biasanya setelah proses ini, akan memerlukan jahitan. Jika terjadi infeksi maka proses pencabutan gigi menunggu hingga infeksi sembuh.

Menunggu proses selanjutnya biasanya dapat disertai rasa sakit pada gigi. Untuk mengurangi rasa sakit pada gigi maka Anda dapat berkumur dengan menggunakan air garam hangat. Cara yang satu ini efektif untuk melegakan rasa sakit di gigi. Garam juga sangat mudah dijumpai di dapur. Anda dapat menggunakan garam dapur dan kemudian larutkan di air hangat. Obat lain yang dapat Anda gunakan dan juga sangat berguna adalah obat kumur. Obat kumur mengandung antibakteri yang terdapat chlorhexidine yang dapat membantu mengurangi rasa sakit karena radang pada gusi.

Selain menggunakan larutan air garam hangat dan obat kumur, Anda juga dapat menggunakan obat penghilang nyeri. Tabel yang bermanfaat untuk meredakan nyeri seperti ibuprofen dan paracetamol dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi bungsu. Jika rasa sakit tidak segera hilang maka Anda dapat mengkonsultasikannya ke dokter gigi Anda.

Mengompres bagian yang sakit dengan menggunakan es selama 15-20 menit dapat meredakan gejala sakit gigi. Anda dapat mengulangi cara-cara ini sampai dengan beberapa kali. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk meredakan sakit gigi akibat tumbuhnya gigi bungsu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.