Tips Menggunakan Softlens Yang Aman

Selain digunakan untuk membantu penglihatan, cara memakai softlens dapat juga berfungsi sebagai alat mempercantik diri. Tidak sedikit orang terutama wanita yang memakai softlens hanya untuk memilik mata yang indah. Softlens merupakan sebuah lensa lunak yang berfungsi sebagai pengganti kacamata. Seiring berjalannya zaman, softlens memiliki banyak variasi model dan warna sehingga digunakan untuk mempercantik mata.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Penggunaan dan perawatan softlens haruslah dengan hati – hati. Apabila tidak hati – hati maka dapat berbahaya bagi mata bahkan dapat mengakibatkan kebutaan. Berikut adalah cara memakai softlens dan juga melepaskan yang benar dan aman.

Pertama – tama cucilah tangan hingga bersih sebelum menggunakan lensa. Dengan tangan yang bersih, diharapkan softlens terhindar dari debu sehingga tidak mengakibatkan kontaminasi pada mata. Setelah mencuci tangan, keringkan terlebih dahulu dengan handuk atau tisu bersih. Ambil softlens menggunakan ujung jari telunjuk kemudian tangan yang memegang softlens menarik kelopak mata kebawah dengan jari tengahnya dan tarik kelopak mata bagian atas dengan tangan yang tidak memegang softlens kemudian tempelkan softlens pada mata pada bagian bawah berwana putih. Setelah itu, segera tutup dan kedipkan mata kalian agar posisi softlens menemukan posisi yang sesuai.

Untuk melepasnya, sebelumnya siapkan terlebih dahulu tempat softlens dan cairan tetes mata khusus untuk pengguna softlens. Langkah pertama sama seperti saat memasang yaitu cuci tangan terlebih dahulu. Apabila mata terasa kering. Terlebih dahulu mata diberikan cairan tetes mata khusus untuk pengguna softlens. Cairan tetes ini berfungsi untuk menghindari mata dari kekeringan. Selanjutnya buka kelopak mata bagian bawah dengan jari tengah tangan yang memegang softlens dan kelopak mata atas dengan jari tengah tangan yang tidak menggunakan softlens. Kemudian jangan ragu untuk jari telunjuk masuk pada mata untuk mengambil softlens. Dengan jari telunjuk yang masuk kedalam mata kemudian geser softlens kebagian bawah mata yang berwarna putih kemudian tekan agar softlens dapat terambil pada jari telunjuk. Letakan softlens pada tempatnya kemudian tetesi kembali dengan cairan mata.

Tadi adalah cara memakai soflens dan juga cara melepaskannya. Sangat penting juga untuk menjaga softlens dan juga tempatnya agar terhindar dari kotoran yang dapat menginfeksi mata.