Tips Menjaga Kesehatan Miss V selama Haid

Menstruasi adalah situasi yang sedikit mengganggu pada kalangan wanita modern dan gadis-gadis remaja di masa kini yang memiliki segudang aktivitas yang memerlukan banyak tenaga dan pikiran. Ketika kita mengalami haid terutama di hari-hari pertama, banyak yang mengeluh dengan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan seperti sakit pada pinggul, punggung, dan rasa tidak nyaman dan mengganggu yang dirasakan oleh Miss V.

Tips Menjaga Kesehatan Miss V selama Haid

Selama periode menstruasi, menjaga kebersihan Miss V adalah suatu hal yang wajib dilakukan agar tidak ada bakteri maupun penyakit yang dapat ditimbulkan menyusul keadaan Miss V yang rentan terkena kuman dan bakteri selama haid. Apa saja yang perlu dilakukan?

  • Mengganti Pembalut secara Rutin

Gantilah pembalut yang kita gunakan secara teratur dan rutin dengan pembalut yang masih baru dan bersih. Pada hari-hari pertama darah akan keluar dengan banyak dan langsung gantilah pembalut yang sudah penuh dengan pembalut yang baru. Selain agar Miss V nyaman, juga supaya darah haid tidak meluber dan menembus pakaian kita serta meninggalkan jejak. Pembalut yang sudah tidak digunakan harus segera dicuci dan buang agar tidak menjadi sarang penyakit.

  • Membersihkan Miss V dengan Daun Sirih

Daun sirih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk membersihkan dan menghilangkan bau tak sedap pada Miss V. Dalam daun sirih terdapat kandungan antiseptic, anti jamur, dan antibakteri yang dapat membantu menjaga kesehatan Miss V terutama ketika sedang haid. Gunakan air rebusan daun sirih yang masih suam-suam kuku untuk membasuh Miss V agar mendapatkan manfaat dari daun sirih yang maksimal.

  • Mencukur Rambut Miss V sebelum Haid

Bulu Miss V yang panjang dan lebat dapat sangat mengganggu ketika haid tiba, karena dapat menyebabkan darah menstruasi kita menjadi tersangkut dan menggumpal. Gumpalan darah ini dapat menjadi sarang jamur dan bakteri yang selanjutnya bisa mengarah pada penyakit kelamin. Cukurlah bulu Miss V sebelum haid agar tidak menambah resiko luka dan lakukan dengan pelan serta hati-hati.

Dengan mengikuti langkah-langkah menjaga kesehatan Miss V selama haid di atas dengan tepat dan cermat niscaya kesehatan Miss V akan tetap terjaga dan terasa manfaatnya.