Tips Merawat Rambut Rontok dan Berketombe

Rambut adalah salah satu mahkota bagi perempuan. Perempuan akan sangat sensitif jika ada yang mengganggu rambutnya. Rambut pada manusia memiliki berbagai jenis. Mulai dari yang lurus hingga yang kriting. Sering kali pula seseorang merubah menjadi kriting maupun menjadi lurus. Hal tersebut tentu akan membahayakan kesehatan rambut. Rambut akan mudah rontok maupun bercabang.

Apakah Jenis Kulit mempengaruhi?

Jenis kulit akan mempengaruhi kesehatan rambut. Apabila kulit yang mudah berkeringat maka keadaan rambut akan lembab dan bisa jadi menimbulkan ketombe. Dan apabila kulit kering maka bisa jadi terasa gatal maupun menyebabkan rambut kurang nutrisi dan membuat rambut rontok. Ada banyak hal yang menyebabkan rambut rontok dan ketombe. Stres adalah salah satu penyebab rambut rontok, karena hormon meningkat akan membuat pikiran bekerja lebih dari biasanya dan menimbulkan panas pada tubuh sehingga kepala terasa panas dan menyebabkan kerontokan.

Selain itu penyebab rontok lainnya bisa jadi karena suatu penyakit yang parah seperti anemia yang parah. Anemia ini akan membuat darah dalam tubuh berkurang dan akibatnya nutrisi yang ada di rambut pun berkurang hal ini akan menyebabkan rambut mudah rontok. Apabila terus-terusan di biarkan akan menjadi kebotakan. Selain kerontokan terdapat pula penyebab ketombe. Penyebab ketombe yaitu karena adanya kelenjar minyak yang menghasilkan minyak secara berlebihan sehingga menyebabkan timbunan minyak dan timbunan minyak tersebutlah yang akan menjadi ketombe lainnya.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Rontok Dan Ketombean?

Ada banyak cara untuk mengatasi rambut ketombean dan rontok. Salah satu cara yang dapat di tempuh yaitu dengan cara alami. Cara alami ini bisa membuat rambutmu menjadi lebih sehat tanpa bahan kima. Dengan tanpa bahan kimia maka rambutmu akan lebih sehat dan saat usia senja nanti memiliki rambut yang tetap bagus. Beberapa cara alami yang bisa kamu gunakan yaitu:

  1. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk membuat rambut menjadi subur dan apabila digunakan setiap hari maka akan mempengaruhi hingga kulit. Kulit yang tadinya kering akan menjadi tidak kering sehingga rambut tidak mudah rontok

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis juga dipercaya bisa menghilangkan ketombe. Ketombe akan hilang karena kandungan vitamin c yang dimiliki oleh jeruk nipis dapat membuang ketombe yang membandel.