Tips Usaha Ikan Lele Sangkuriang

Lele sangkuriang ini merupakan varietas terbaru yang pertama kali di Indonesia dibudidaya di daerah Sukabumi dan Bogor. Lele sangkuriang ini pada umumnya memiliki persamaan dengan lele lainnya. Namun varietas ini jauh lebih unggul dari lele dumbo maupun lele biasa. Peluang usaha beternak lele sangkuriang ini pun lebih baik prospeknya dan hasil yang di dapatnya pun menjanjikan.

Kolam Sehat, Ikan Sehat, Bisnis Lancar

Kebanyakan dari peternak ikan sering mengabaikan permasalahan kolam. Mereka berpikir ikan akan hidup dan berkembang biak dengan sendirinya. Hal itu sangat salah apalagi jika mereka seorang pembudidaya ikan lele. Ikan lele bukanlah jenis ikan yang akan berkembang biak dengan sendirinya. Ikan ini memerlukan bantuan manusia untuk bertelur. Mengapa? Karena jika ikan ini dibiarkan bertelur sendiri maka hasilnya akan termakan oleh induknya. Melihat dari jenisnya ikan ini adalah ikan yang kanibal. Berikut tips untuk kamu yang baru akan memanfaatkan peluang usaha beternak ikan lele sangkuriang.

  1. Kenali ikan lele sangkuriang

Ikan lele sangkuriang adalah ikan lele yang memiliki daya ketahanan berbeda. Ikan ini jauh lebih ringkih dari biasanya. Ikan ini tidak bisa hidup dalam kolam yang terlalu keruh jadi saat kamu memelihara ikan ini kamu harus sering mengganti air kolammu minimal 2 minggu sekali.

  1. Pemberian pakan yang teratur

Jika kamu ingin memiliki ikan yang tumbuh dengan jumlah yang banyak maka kamu harus memberi makan yang teratur agar tidak kelaparan dan memakan kawannya.

  1. Pemijahan

Hal ini sangat penting kamu harus memijah ikan yang akan bertelur caranya kamu sediakan beberapa serabut atau jaring-jaring kecil untuk tempat telurnya kemudian diamkan satu malam indukan lele yang akan bertelur setelah telur berhasil dibuahi pisahkan dengan indukan agar induk tidak memakan telur. Setelah tumbuh beberapa centimeter, pijah lagi ke kolam yang berbeda. Untuk budidaya ini kamu harus menyediakan beberapa kolam untuk pemijahan.

Nah, di atas adalah beberapa tips yang dapat kamu gunakan ketika kamu memutuskan untuk membudidayakan ikan lele. Sebenarnya peluang usaha beternak ikan lele sangkuriang ini sangat menjanjikan karena melihat di pasar pada saat ini jumlah permintaan lele varietas ini semakin banyak.