Ubah Barang Terbuang Menjadi Ladang Uang

Saat ini banyak sekali kampanye pengolahan kembali barang-barang yang sudah tak terpakai menjadi barang siap pakai lainnya dan kegiatan tersebut terkenal dengan istilah recycle. Kegiatan ini digalakkan karna kasus pencemaran baik udara, air dan tanah yang selalu menjadi sorotan karna jumlahnya terus bertambah memenuhi dunia.

Saatnya Merubah Sampah Menjadi Berkah

Karena permasalahan pencemaran yang beredar, banyak orang berinovasi dan membagikan ide mereka dalam mengolah limbah terutama plastik dan barang non-organik yang masih bisa diolah kembali. Bahkan dengan mengolah kembali sampah tersebut, kita bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Nilai positif dalam kegiatan ini tidak hanya mengurangi volume sampah, namun juga menambah pendapatan tentunya jika kita bisa memasarkannya dengan baik.

Berikut beberapa contoh mengolah sampah non-organik menjadi barang berguna lainnya yang bisa Anda lakukan dengan barang di sekitar Anda:

  1. Vas botol bekas

Sering kali kita menemukan botol bekas yang berserakan di tempat sampah, baik itu terbuat dari plastik atau kaca. Namun, kita bisa menyulap botol bekas menjadi vas bunga cantik yaitu dengan cara membersihkan botol bekas terlebih dahulu. Rapikan botol dengan cara menghiasnya dengan kreativitas Anda. Voila! Botol siap pakai untuk bunga yang cantik.

  1. Tas cantik dari bungkus detergen

Dengan sedikit keterampilan menganyam, Anda bisa memproduksi tas tangan Anda sendiri. Jangan buang dahulu bungkus detergen Anda karna Anda bisa membuat tas dengan menganyam bungkus detergen menjadi tas cantik.

Dua contoh di atas merupakan sebagian kecil dari usaha mengolah kembali barang yang terbuang menjadi barang berguna lainnya. Ada banyak ide lainnya yang bisa Anda temukan dengan berselancar di internet atau media lainnya. Kampanye recycle ini masih terus digalakkan mengingat permasalahan pencemaran lingkungan yang tidak ada habisnya.

Dengan kegiatan recycle ini diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah yang terbuang walaupun dalam skala kecil. Selain itu, inovasi-inovasi yang terus berkembang dalam kegiatan ini juga memberikan peluang usaha banyak orang yang membutuhkan. Dengan bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita, modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar.