Usaha Mahasiswa Anak Rantau

Menjadi anak rantau memang membutuhkan perjuangan yang berat. Apalagi bagi Anda yang mendapatkan jatah pas-pasan dari orang tua. Sering kali Anda harus memutar otak untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, bisa-bisa Anda harus kehabisan uang di pertengahan bulan dan hal ini sangatlah menyedihkan. Oleh karena itu, Anda harus bisa mencari penghasilan tambahan dengan membuka usaha. Nah, ingin tahu usaha apa saja yang bisa Anda lakukan? Berikut dua usaha yang bisa dijalani oleh mahasiswa anak rantau.

Usaha Modal Kecil Untuk Mahasiswa

Usaha yang mudah untuk Anda jalani tanpa menyita waktu kuliah adalah berjualan pulsa. Usaha ini sangatlah efektif untuk menambah uang jajan Anda. Berjualan pulsa pun tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Untuk satu kali deposit atau pengisian di agen pulsa, Anda hanya memerlukan uang mulai dari 100 ribu sampai dengan 300 ribu saja sesuai kemampuan.

Untuk konsep penjualannya pun cukup mudah dan dijamin laku keras. Anda bisa mulai menawarkan atau mempromosikan usaha Anda di grup-grup teman kuliah. Sudah pasti ada banyak teman Anda yang akhirnya membeli pulsa kepada Anda. Daripada harus pergi mencari konter untuk mengisi pulsa, tentu Anda menjadi pilihan yang utama.

Usaha kedua yang juga sangat menguntungkan bagi mahasiswa adalah menjadi guru les. Khusus bagi Anda para mahasiswa yang mulai senggang jadwal kampusnya, menjadi guru les bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Usaha part time yang satu ini bahkan bisa memberikan gaji yang cukup lumayan. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengajar.

Guru les itu sendiri ada bermacam-macam tidak harus berkaitan dengan pelajaran. Anda bisa menjadi guru les musik, guru les vokal, ataupun keahlian dibidang lainnya. Yang paling penting, atur waktu antara mengajar dan kuliah. Dengan cara ini, Anda tetap bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus melalaikan kewajiban. Jadi, bagi Anda para mahasiswa rantau, tadi adalah dua usaha yang bisa Anda jalani dan pastinya bisa memberikan tambahan uang jajan.