Vitamin Yang Dibutuhkan Lovebird

Vitamin lovebird sangat dibutuhkan agar si burung bisa tetap sehat dan berkicau. Pada dasarnya semua jenis burung wajib diberikan vitamin dan mineral. Pemberian vitamin dan mineral ini bisa diberikan dalam jumlah yang sedikit saja. Namun meskipun vitamin dan mineral yang diberikan sedikit, gabungan antara vitamin dan mineral serta bahan pakan seperti buah, voer, jangkrik, dan kroto tidak selalu bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Hal ini memang sangat ironis apalagi jika vitamin, mineral, dan pakan tersebut diberikan setiap hari namun tidak selalu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi lovebird. Pakar burung dunia pun melakukan penelitian dimana hasilnya cukup mengejutkan. Ternyata sebagian besar lovebird hanya mengandalkan pakan saja. Padahal vitamin dan mineral sangat penting bagi lovebird.

Vitamin Lovebird Yang Wajib Diberikan

Penelitian lebih lanjut menyatakan bahwa kekurangan vitamin lovebird memang cukup banyak terjadi. Banyak lovebird yang kekurangan vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan juga mineral kalsium. Terdapat 67 persen lovebird yang kekurangan vitamin A, 97 persen lovebird kekurangan vitamin D, 27 persen lovebird kekurangan vitamin E, dan yang lebih mengejutkan lagi bahwa 98 persen lovebird kekurangan kalsium.

Dari data tersebut maka Anda sudah tahu apa saja vitamin yang dibutuhkan oleh lovebird. Banyak lovebird yang kekurangan vitamin karena kita tidak bisa memprediksikan apa saja kandungan yang ada pada bahan pakan. Kita tidak tahu apakah pakan tertentu mengandung vitamin yang dibutuhkan lovebird atau tidak. Hal ini tentu berbeda dengan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, lemak, protein, dan energi metabolis yang memang bisa dengan mudah diprediksi pada tiap bahan pakan.

Kita ambil saja contoh pakan jagung yang sering diberikan kepada lovebird dan burung merpati. Setiap 100 gram jagung mengandung rata-rata karbohidrat 74 gram, energi metabolis sekitar 360 kalori, lemak 4 gram, air 12 gram, dan protein 10 gram. Sedangkan kandungan vitaminnya hanya kisaran miligram saja. Dengan demikian maka pemberian vitamin lovebird bagi peliharaan kesayangan Anda sangat penting. Ingat, jangan lupa untuk memberikan vitamin A, D, dan E.