Wilayah Konservatif, Hutan Batang Toru Tapanuli Selatan

Wilayah Batang toru yang terletak di Tapanuli Selatan Sumatera Utara ini merupakan wilayah yang konservatif. Di wilayah ini terbentang Hutan Batang Toru yang menjadi habitat asli satwa liar seperti Orang Utan Sumatera. Hutan ini merupakan hutan yang masih asri dan dilengkapi dengan sungai yang mengalir di sekitar hutan. Simak ulasan berikut untuk mengetahui konservasi alam yang ada di Batang Toru ini.

Hidupnya Flora dan Fauna Langka di dalam Hutan

Di dalam Hutang Batang Toru hiduplah tanaman dan binatang – binatang langka yang keberadaannya hampir punah di Indonesia bahkan di dunia. Tanaman – tanaman yang tumbuh di hutan ini seperti raflesia arnoldi, kantong semar, dan amorphophallus. Sedangkan beberapa satwa liar yang hidup disini seperti orang utan tapanuli, harimau Sumatera, tapir, burung kakaktua dan lainnya.

Habitat Asli Orang Utan Sumatera

Hutan ini juga merupakan habitat asli dari orang utan Sumatera. Orang utan ini merupakan kerabat dari orang utan Kalimantan. Sebagaimana diketahui bahwa orang utan merupakan satwa liar yang sudah jarang ditemukan. Yang mengejutkan, beberapa waktu yang lalu orang utan di hutan ini ada yang melahirkan bayi kembar. Peristiwa ini merupakan peristiwa yang amat langka di dunia. Di Indonesia sendiri kejadian ini merupakan kejadian kedua setelah kelahiran bayi kembar dari orang utan Kalimantan. Dengan demikian, kelestarian orang utan sebagai salah satu kekayaan alam sangat perlu diperhatikan.

Itulah mengapa Hutan Batang Toru merupakan wilayah yang sangat konservatif. Usaha melestarikan wilayah ini merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat dan pemerintah. Bagi masyarakat sendiri, hutan ini merupakan sumber mata pencaharian bagi mereka. Banyak masyarakat Batang toru yang menggantungkan hidupnya pada hutan dan sungai batang toru. Aliran sungai mereka manfaatkan untuk mengairi perkebunan dan sawah tempat mereka bertani. Bagi para perusahaan yang ingin mendirikan perusahaannya di tanah Batang Toru ini hendaknya turut serta aktif dalam menjaga kelestarian alam, sehingga tidak ada dampak kerusakan akibat pembangunan proyek perusahaan yang akhirnya nanti juga merugikan masyarakat sekitar.