Yahoo Mail atau Gmail? Lihat Perbedaannya

Ada banyak layanan email gratis yang dapat kita gunakan, seperti Yahoo mail, Gmail, dan Hotmail. Tapi, yang paling banyak dikenal dan digunakan oleh para pengguna internet adalah Yahoo Mail dan Gmail. Kedua layanan email gratis tersebut rasanya selalu bersaing ketat dalam memikat hati para pengguna internet. Ketika pengguna ingin daftar email, sering kali mereka bingung untuk memilih antara Yahoo mail dan Gmail. Banyak pengguna yang bertanya-tanya apa sebenarnya perbedaan dari kedua layanan email tersebut. Sebenarnya, kedua layanan email tersebut memiliki kegunaan dan fungsi yang sama, yaitu untuk mengirim dan menerima pesan elektronik. Namun, ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan pengguna internet sebelum memilih untuk daftar email.

Perbedaan Yahoo Mail dan Gmail

Ada tiga faktor yang membedakan antara Yahoo Mail dan Gmail. Perbedaan tersebut dapat dijadikan patokan sebelum pengguna mendaftar email.

  1. Faktor kepemilikan

Yahoo Mail merupakan layanan email gratis dari perusahaan Yahoo. Yahoo tidak hanya menyediakan jasa layanan email, namun juga Yahoo game, Yahoo Forum, dan mesin pencarian Yahoo. Sedangkan Gmail merupakan milik Google, perusahaan yang memiliki mesin pencarian paling populer di dunia. Selain Gmail, Google mempunyai banyak sekali anak perusahaan yang berada di bawah naungannya, termasuk Youtube.

  1. Kapasitas penyimpanan

Yahoo mail terkenal memiliki kapasitas penyimpanan yang tak akan habis digunakan untuk menyimpan pesan seumur hidup, yaitu sebanyak 1 tera atau 1000GB. Hal tersebut membuat pengguna tak perlu merisaukan banyaknya pesan yang tersimpan di email dan tak perlu repot untuk menghapusnya. Sedangkan Gmail hanya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 15GB. Tentu saja 15GB termasuk ruang yang sangat cukup untuk menyimpan banyak email.

  1. Kecepatan loading

Karena memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar, hal tersebut berpengaruh pada lamanya loading saat pengguna ingin me-refresh email. Sedangkan Gmail dikenal memiliki loading yang cukup stabil dan cepat.

Menilik dari perbedaan yang dimiliki keduanya, pengguna dapat menentukan mana yang harus mereka gunakan untuk daftar email sesuai dengan kebutuhan, karena tentu saja setiap pengguna memiliki kebutuhan yang berbeda.