Yuk Biasakan Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

tips kesehatan

tips kesehatan

Memiliki tubuh yang sehat serta aktif di setiap langkah dan aktivitas tentunya menjadi hal yang diharapkan oleh setiap orang. Banyak cara yang dapat Anda terapkan untuk mencapai hal tersebut. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan mencontoh pola hidup Rasulullah SAW. Barangkali Anda belum tentu dapat menerapkan semua yang Beliau lakukan. Akan tetapi, Anda dapat memulainya dengan melakukan beberapa hal paling ringan ini. Misalnya, memanajemen waktu, tidak gampang marah, menjaga kebersihan, rutin mengonsumsi madu, berolah raga, menjaga silaturahmi, dan berbekam. Beberapa hal tersebut dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sehat Ala Rasulullah SAW Mulai Dari Sekarang

Membaca bagaimana gaya hidup ala Rasulullah SAW tentunya sering Anda baca di berbagai artikel. Namun, mengetahui ilmu tanpa amal sebagaimana pepatah arab yaitu bagaikan pohon tetapi tidak berbuah. Tentunya hal itu sayang sekali bukan? Anda dapat memulainya dengan membiasakan diri untuk berolah raga secara rutin agar tubuh Anda bugar, Anda dapat mengimbanginya dengan mengonsumsi madu satu sendok yang dilarutkan dalam segelas air. Rutin melakukan dua hal tersebut, Insya’ Allah Anda tubuh Anda tidak akan mudah terkena penyakit. Kemudian, memanajemen waktu menjadi poin kedua yang Rasulullah SAW biasakan, manajemen waktu disini tidak hanya sebatas dalam hal tidur saja, tetapi Rasulullah membagi waktu dalam 24 jam menjadi tiga waktu yang mana setiap sepertiga dari 24 jam tersebut digunakan untuk beribadah, bekerja, dan tidur. Kebanyakan orang zaman sekarang memforsir bekerja dalam waktu yang lebih dari sepertiga sehingga membuat waktu yang seharusnya untuk tidur tetapi digunakan untuk bekerja. Tidak heran banyak orang yang kesehatannya terganggu bermula dari kurangnya istirahat bahkan terlalu sibuknya dalam bekerja hingga mengabaikan waktu makan.

Poin selanjutnya adalah menjaga kebersihan. Sebagaimana Anda ketahui bahwa kebersihan sebagian dari iman, hal ini memang dicontohkan langsung oleh Rasulullah SAW. Tidak heran ketika dalam agama Islam pada hari Jumat, yaitu kamis malam setelah magrib hingga Jumat sampai magrib disunnahkan untuk memotong kuku, dan sebagainya. Olah karena itu, mari bersama-sama menghidupkan sehat ala Rasulullah agar hidup kita teratur, insya Allah.